Analisis Kualitas Pelayanan Air Minum Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Tirtanadi Cabang Tuasan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
(diunduh tanggal 02 Oktober pukul 09:00 wib).
Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: PT Alfabeta
Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Atik dan Ratminto. (2005). Manajemen Pelayanan, disertai dengan Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Bandung: labkat Press Barata. Atep Adya 2003. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media Kompetindo.
Berry, David. 2003. Pokok-Pokok Pikiran dalam Sosiologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Br Simbolon, N., Sihombing, M., Kusmanto, H., & Isnaini, I. (2019). Implementasi Program Kartu Indonesia Sehat. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 1(2), 145-155
CItizen's Character dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Dahlia, D., Harahap, D., & Lubis, Y. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Di Kantor Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(2), 107-115. doi:https://doi.org/10.31289/strukturasi.v2i2.51
Dahlia, D., Harahap, D., & Lubis, Y. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Di Kantor Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(2), 107-115. doi:https://doi.org/10.31289/strukturasi.v2i2.51
Dwiyanto, Agus. 2005. Mewujudkan Good Governance Melalui pelayanan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada
Elang Emas
Fahrizal, M.Y, Hendra, Y. & Hidayat, T.W. (2020). Opini Publik Tentang Destinasi
Pariwisata Danau Toba Sebagai Global Geopark Kaldera UNESCO Melalui Website Kompas.Com. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1) 2020: 19-24,
Femita, Trisia. 2015. Kualitas Pelayanan PDAM Kota SurakartaFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Halawa, N. Kadir, A & Matondang, A (2019). Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara 2018 di Desa Selemak Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(1) 2019: 45-53
Haluana’a, F.J. Nasution, I. & Batubara, B.M. (2020). Analisis Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam
Pemilihan Kepala Desa Orahili Kecamatan Pulau-Pulau Batu Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1) 2020: 46-52,
Harahap, A., Siregar, N., & Kadir, A. (2020). Persepsi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Koperasi Kota Medan. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(1), 79-88
Hendrawan, A.I. Kusmanto, H. & Warjio. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Publik di Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Medan. Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal. 8 (1): 65-84.
Hidayat, R.P., Ritonga, S. & Suharyanto, A. (2020). Strategi Pemasaran Brothers Café dalam
Membangun Brand Image bagi Pengunjung di Kota Medan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi
Publik dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(1) 2020: 33-37,
https://jurnal.uns.ac.id (diunduh tanggal 02 Oktober pukul 09:00 wib). Maser, Agrifa. Willy dan Firman. 2017.
Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. https://digilib.uns.ac.id (diunduh tanggal 02 Oktober pukul 09:00
Ismaulidina. Hasibuan, E.J, & Hidayat, T.W, (2020). Strategi Komunikasi Public Relation
Dalam Membangun Citra Dan Kepercayaan Calon Jemaah Haji dan Umroh. Jurnal Ilmu Pemerintahan,
Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1) 2020: 12-17,
Ismid, F., Kusmanto, H., & Lubis, M. (2020). Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Berbasis Kinerja Pada Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(2), 129-140. doi:https://doi.org/10.31289/strukturasi.v2i2.53
Jonatan, S., Kadir, A., & Siregar, N. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Pemberian Santunan Bagi Korban Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Raya Pada Kantor PT. Jasa Raharja (Persero) Gunungsitoli. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(1), 1-13
Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Volume 6
Karyawan. Jakarta: wacana Media.
Keputusan Menteri PendayagunaanAparatur Negara Nomor 63 Tahun2003.
Keputusan Menteri PendayagunaanAparatur Negara Nomor 25 Tahun2004.
Koentjaraningrat. 2016. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Komaruddin. 1994. Ensiklopedia Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Lestari, A. Muda, I. & Dewi, R. (2019). Sistem Pengelolaan Arsip Pada Biro Sekretariat Dan
Umum Kantor Lembaga Pendidikan Perkebunan Medan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(1) 2019: 39-44,
Lestary, M. Barus, R.K.I. & Matondang, A. (2020). Asimilasi Suku Jawa dan Suku Tamil di
Sei Serayu Gang Buntu, Kecamatan Medan Sunggal Sumatera Utara. Jurnal Ilmu Pemerintahan,
Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1) 2020: 25-32
Manajemen Pendidikan Penelitian. Jakarta: Penerbit Insan Supriyati. 2011. Metodologi Penelitian.
Mandasari, D. Nasution, M.T. & Sembiring, W.M. (2019). Perilaku Pemilih Pada Pemilihan
Umum Gubernur Sumatera Utara (GUBSU) Tahun 2018 di Kecataman Galang. Jurnal Ilmu
Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(1) 2019: 73-80,
Manik, A., Kusmanto, H., & Lubis, M. (2019). Analisis Reliabilitas dan Responsivitas dalam Pelayanan Penanggulangan Bencana Alam Kebakaran pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah di Kabupaten Aceh Singkil. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 1(1), 65-74
Mantja. 2007. Etnografi, Desain Penelitian Kualitatif pendidikan dan Manajemen Pendidikan. Malang:
Mardalis. 2009. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara
Meiniara, P., Kusmanto, H., & Isnaini, I. (2019). Analisis Independensi Pemeriksa di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Aceh Singkil. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 1(2), 184-197
Minallah, F., Lubis, L., & Achmad, N. (2021). Kualitas Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Putri Hijau Medan Utara. PERSPEKTIF, 10(2), 527-542. doi:https://doi.org/10.31289/perspektif.v10i2.4765
Moenir. 1992. Manajemen Pelayanan Umum diIndonesia. Jakarta: Bumi Aksara.Setiawan, C. (2017). Metode
Moenir. 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Muhadjir, Noeng. 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin
Muzanny, M., Siregar, N., & Isnaini, I. (2019). Analisis Disiplin Aparatur Sipil Negara pada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Aceh Timur. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 1(2), 138-146
Narita, A.A.S, Warjio, Agus S, (2016), Analisis Kualitas Pelayanan Pada Kantor Dinas Pendapatan Provinsi Sumatera Utara UPT Medan Selatan, Jurnal Administrasi Publik, 6 (2): 87-96.
Nenggelis, S.A, Barus, R.K.I. & Jamil, B. (2019). Penetrasi Sosial Hubungan Pacaran Pada Perempuan Yang Hamil Di Luar Pernikahan (Studi Deskriptif Kualitatif pada Perempuan di Desa Bandar Setia). Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(2) 2019: 93-100
Ningrum, D., Fitriani, N., & Sudrajat, A. (2019). Kualitas Pelayanan Mobil Unit Penerangan pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sumedang. Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal, 9(2), 113-118. doi:https://doi.org/10.31289/jap.v9i2.2414
Nomor 2. Program Studi Ilmu Administrasi Negara Universitas Tribhuwana Tunggadewi. https://media.neliti.com
Novita, D., Kadir, A., & Siregar, N. (2020). Analisis Kinerja Inspektorat Daerah Dalam Melakukan Fungsi Pengawasan (Studi Pada Inspektorat Kota Langsa). Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(2), 116-128. doi:https://doi.org/10.31289/strukturasi.v2i2.52
Nurdiansyah, R. Hasibuan, E.J. & Novri. (2019). Strategi Komunikasi Guru Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Terhadap Kelas IX Fullday Di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(2) 2019: 77-89,
Nurmiah, N., Kusmanto, H., & Lubis, Y. (2019). Analisis Kinerja Pemerintah Kelurahan dalam Program Pemberdayaan Kebersihan Kelurahan. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 1(2), 176-183.
Pandiangan, A. Kadir, A. & Lubis, Y.A. (2019). Peran Satuan Polisi Pamong Praja dalam
Menertibkan Bangunan Liar Di Kecamatan bagan Sinembah Kabupaten Rogan Hilir Provinsi Riau.
Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(1) 2019: 66-72,
Panjaitan, E. Dewi, R. & Angelia, N. (2019). Peranan Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi kepada Masyarakat. PERSPEKTIF, 8 (1): 32-38.
Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Grasindo
Peraturan Daerah Nomor 11 tahun 1979. Peraturan Daerah Nomor 10 tahun 2009.
Prasetio, E., Isnaini, I., & Adam, A. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Perizinan melalui Online Single Submission pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Binjai. PERSPEKTIF, 10(2), 710-727. doi:https://doi.org/10.31289/perspektif.v10i2.5176
Publik Volume 1 Nomor 1. Program studi Ilmu Administrasi Negara. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Rachmawati, D.P. Ritonga, S. & Batubara, B.M. (2020). Peranan Dinas Sosial Dalam
Menangani Masalah Kekerasan Sosial Terhadap Anak di Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Ilmu
Pemerintahan, Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1) 2020: 38-45,
Roberto, S.A.. Kadir, A. & Angelia, N. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat Dalam
Pelayanan Kepala Desa Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Ilmu Pemerintahan,
Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(1) 2019: 32-38,
Santifa, M., Warjio, W., Harahap, D., & Isnaini, I. (2019). Evaluasi Program Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bank Sampah Mawar Sejadi di Kelurahan Sijambi Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjung Balai. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 1(1), 89-98
Saputro, Hendriawan Eko. 2011. Kualitas Pelayanan PDAM Tirta makmur Sukoharjo. Fakultas Ilmu Sosial dan
Sebelas Maret Surakarta. https://digilib.uns.ac.id (diunduh tanggal 02 Oktober pukul 09:00 wib).
Silalahi. A.F.L, Syafruddin, R. & Beby, M.B. (2019). Kualitas Pelayanan Publik dalam Pemberian Izin Mendirikan Bangunan di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu. PERSPEKTIF, 8 (1): 8-14
Sinuhaji, V.V. Siregar, N.S.S. & Jamil, B. (2019). Aktivitas Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Karo Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi Deskriptif Kualitatif Wisata Bukit Gundaling Berastagi), Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(2) 2019: 101-114,
Sirait, N., Warjio, W., Harahap, D., & Kadir, A. (2019). Analisis Kinerja Aparatur Sipil Negara dalam hal Disiplin Kerja di Kantor Kecamatan Tanjungbalai Utara Kota Tanjungbalai. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 1(2), 165-175
SKRIPSI dan JURNAL
Soekanto, Soerjono. 1997. Mahasiswa dalam Pembangunan. Lampung: Unila.
Strategi PDAM dalam Meningkatkan Kualitas Air bersih untuk Menunjang Pembangunan di Kota Wisata Batu
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: PT Alfabeta
Sukidin, Basrowi, basrowi Suranto. 2012.
Sukri, M. Sinaga, R.S. & Hasibuan, M.A. (2020). Strategi Partai Gerindra dalam
Memenangkan Dahlan Hasan dan Muhammad Ja’far Sukhairi Nasution Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1) 2020: 53-59,
Sumantri, Bambang dan Hermawan Parwiyato. 2017. Kualitas Pelayanan PDAM kabupaten Sragen. Jurnal Wacana
Syari, N., Warjio, W., & Kadir, A. (2019). Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 1(2), 156-164
Tanjung, M., Kusmanto, H., Warjio, W., & kadir, A. (2019). Evaluasi Kinerja Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Aceh Timur Tahun 2017. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 1(1), 82-88.
Titisari, Purnamie. 2014. Peranan Organizational Citizenship Behaviour (OCB) dalam Meningkatkan Kinerja
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi
Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.
Turnip, H. Hendra, Y. & Matondang, A. (2020). Persepsi Masyarakat Tentang Kinerja
Kantor Search and Rescue Medan dalam Pencarian Orang Hilang di Gunung Sibayak. Jurnal Ilmu
Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1) 2020: 7-11,
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 1962.
Undang-undang Republik Indonesia pasal 33 Ayat 1.
University Press
wib).
Wiryadi, R., Sihombing, M., & Isnaini, I. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan dalam Pencatatan AK 1 dalam Memberikan Kepuasan kepada Masyarakat pada Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Aceh Singkil. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(1), 48-58
Wiryadi, R., Sihombing, M., & Isnaini, I. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan dalam Pencatatan AK 1 dalam Memberikan Kepuasan kepada Masyarakat pada Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Aceh Singkil. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(1), 48-58
Yolanda, H. Hendra, Y. & Matondang, A. (2020). Strategi Downward Communication
Pimpinan Dalam Meningkatkan Efektivitas Kerja Karyawan Di PT. Pelabuhan Indonesia I. Jurnal Ilmu
Pemerintahan, Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1) 2020: 1-6,
Yulian, Zamit. 2004. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat
Zakwani, K., Kusmanto, H., & Kadir, A. (2019). Implementasi Program Percepatan Sertipikasi Barang Milik Negara Berupa Tanah (Studi Pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sumatera Utara). Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 1(1), 75-81
Zulianda, W. Muda, I. & Jamil, B. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum untuk
Meningkatkan Kualitas Pendidikan di TK Dewantara Titi Kuning Kecamatan Medan Johor. Jurnal Ilmu
Pemerintahan, Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1) 2020: 60-67,
DOI: https://doi.org/10.31289/jiaap.v1i2.604
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pemerintahan (JIAPP)
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License