Analisis Kualitas Pelayanan Air Minum Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Tirtanadi Cabang Tuasan

Ika Suhaila, Abdul Kadir, Armansyah Matondang

Abstract


The quality of service is the priority of PDAM Tirtanadi Tuasan Branch to customers. This research aims to analyze the quality of drinking water services provided by PDAM Tirtanadi Tuasan Branch along with i ts supporting factors and inhibition. The theory used is from Zeithaml and Bitner which is the benchmark of quality judging by several indicators of reliability, responsiveness, assurance, empathy, and tangible. The research method used is a qualitative approach by means of observation, interview and documentation. The results of this study show that the quality of drinking water service provided by PDAM Tirtanadi Tuasan Branch is not fully effective. This can be said to have not been effective on the basis of some indicators that were used as a benchmark of research has not been carried out optimally. Supporting factors and inhibition are also determinants of the quality of service provided.

Keywords


Quality, Service, PDAM.

Full Text:

PDF

References


(diunduh tanggal 02 Oktober pukul 09:00 wib).

Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: PT Alfabeta

Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Atik dan Ratminto. (2005). Manajemen Pelayanan, disertai dengan Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Bandung: labkat Press Barata. Atep Adya 2003. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta: Elex Media Kompetindo.

Berry, David. 2003. Pokok-Pokok Pikiran dalam Sosiologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Br Simbolon, N., Sihombing, M., Kusmanto, H., & Isnaini, I. (2019). Implementasi Program Kartu Indonesia Sehat. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 1(2), 145-155

CItizen's Character dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Dahlia, D., Harahap, D., & Lubis, Y. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Di Kantor Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(2), 107-115. doi:https://doi.org/10.31289/strukturasi.v2i2.51

Dahlia, D., Harahap, D., & Lubis, Y. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Di Kantor Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(2), 107-115. doi:https://doi.org/10.31289/strukturasi.v2i2.51

Dwiyanto, Agus. 2005. Mewujudkan Good Governance Melalui pelayanan Publik. Yogyakarta: Gajah Mada

Elang Emas

Fahrizal, M.Y, Hendra, Y. & Hidayat, T.W. (2020). Opini Publik Tentang Destinasi

Pariwisata Danau Toba Sebagai Global Geopark Kaldera UNESCO Melalui Website Kompas.Com. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1) 2020: 19-24,

Femita, Trisia. 2015. Kualitas Pelayanan PDAM Kota SurakartaFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas

Halawa, N. Kadir, A & Matondang, A (2019). Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara 2018 di Desa Selemak Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(1) 2019: 45-53

Haluana’a, F.J. Nasution, I. & Batubara, B.M. (2020). Analisis Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam

Pemilihan Kepala Desa Orahili Kecamatan Pulau-Pulau Batu Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1) 2020: 46-52,

Harahap, A., Siregar, N., & Kadir, A. (2020). Persepsi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Koperasi Kota Medan. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(1), 79-88

Hendrawan, A.I. Kusmanto, H. & Warjio. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Publik di Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Medan. Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal. 8 (1): 65-84.

Hidayat, R.P., Ritonga, S. & Suharyanto, A. (2020). Strategi Pemasaran Brothers Café dalam

Membangun Brand Image bagi Pengunjung di Kota Medan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi

Publik dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(1) 2020: 33-37,

https://jurnal.uns.ac.id (diunduh tanggal 02 Oktober pukul 09:00 wib). Maser, Agrifa. Willy dan Firman. 2017.

Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta. https://digilib.uns.ac.id (diunduh tanggal 02 Oktober pukul 09:00

Ismaulidina. Hasibuan, E.J, & Hidayat, T.W, (2020). Strategi Komunikasi Public Relation

Dalam Membangun Citra Dan Kepercayaan Calon Jemaah Haji dan Umroh. Jurnal Ilmu Pemerintahan,

Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1) 2020: 12-17,

Ismid, F., Kusmanto, H., & Lubis, M. (2020). Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Berbasis Kinerja Pada Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(2), 129-140. doi:https://doi.org/10.31289/strukturasi.v2i2.53

Jonatan, S., Kadir, A., & Siregar, N. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Pemberian Santunan Bagi Korban Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Raya Pada Kantor PT. Jasa Raharja (Persero) Gunungsitoli. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(1), 1-13

Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Volume 6

Karyawan. Jakarta: wacana Media.

Keputusan Menteri PendayagunaanAparatur Negara Nomor 63 Tahun2003.

Keputusan Menteri PendayagunaanAparatur Negara Nomor 25 Tahun2004.

Koentjaraningrat. 2016. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Komaruddin. 1994. Ensiklopedia Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Lestari, A. Muda, I. & Dewi, R. (2019). Sistem Pengelolaan Arsip Pada Biro Sekretariat Dan

Umum Kantor Lembaga Pendidikan Perkebunan Medan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(1) 2019: 39-44,

Lestary, M. Barus, R.K.I. & Matondang, A. (2020). Asimilasi Suku Jawa dan Suku Tamil di

Sei Serayu Gang Buntu, Kecamatan Medan Sunggal Sumatera Utara. Jurnal Ilmu Pemerintahan,

Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1) 2020: 25-32

Manajemen Pendidikan Penelitian. Jakarta: Penerbit Insan Supriyati. 2011. Metodologi Penelitian.

Mandasari, D. Nasution, M.T. & Sembiring, W.M. (2019). Perilaku Pemilih Pada Pemilihan

Umum Gubernur Sumatera Utara (GUBSU) Tahun 2018 di Kecataman Galang. Jurnal Ilmu

Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(1) 2019: 73-80,

Manik, A., Kusmanto, H., & Lubis, M. (2019). Analisis Reliabilitas dan Responsivitas dalam Pelayanan Penanggulangan Bencana Alam Kebakaran pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah di Kabupaten Aceh Singkil. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 1(1), 65-74

Mantja. 2007. Etnografi, Desain Penelitian Kualitatif pendidikan dan Manajemen Pendidikan. Malang:

Mardalis. 2009. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara

Meiniara, P., Kusmanto, H., & Isnaini, I. (2019). Analisis Independensi Pemeriksa di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Aceh Singkil. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 1(2), 184-197

Minallah, F., Lubis, L., & Achmad, N. (2021). Kualitas Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Putri Hijau Medan Utara. PERSPEKTIF, 10(2), 527-542. doi:https://doi.org/10.31289/perspektif.v10i2.4765

Moenir. 1992. Manajemen Pelayanan Umum diIndonesia. Jakarta: Bumi Aksara.Setiawan, C. (2017). Metode

Moenir. 2008. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhadjir, Noeng. 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin

Muzanny, M., Siregar, N., & Isnaini, I. (2019). Analisis Disiplin Aparatur Sipil Negara pada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Aceh Timur. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 1(2), 138-146

Narita, A.A.S, Warjio, Agus S, (2016), Analisis Kualitas Pelayanan Pada Kantor Dinas Pendapatan Provinsi Sumatera Utara UPT Medan Selatan, Jurnal Administrasi Publik, 6 (2): 87-96.

Nenggelis, S.A, Barus, R.K.I. & Jamil, B. (2019). Penetrasi Sosial Hubungan Pacaran Pada Perempuan Yang Hamil Di Luar Pernikahan (Studi Deskriptif Kualitatif pada Perempuan di Desa Bandar Setia). Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(2) 2019: 93-100

Ningrum, D., Fitriani, N., & Sudrajat, A. (2019). Kualitas Pelayanan Mobil Unit Penerangan pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sumedang. Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal, 9(2), 113-118. doi:https://doi.org/10.31289/jap.v9i2.2414

Nomor 2. Program Studi Ilmu Administrasi Negara Universitas Tribhuwana Tunggadewi. https://media.neliti.com

Novita, D., Kadir, A., & Siregar, N. (2020). Analisis Kinerja Inspektorat Daerah Dalam Melakukan Fungsi Pengawasan (Studi Pada Inspektorat Kota Langsa). Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(2), 116-128. doi:https://doi.org/10.31289/strukturasi.v2i2.52

Nurdiansyah, R. Hasibuan, E.J. & Novri. (2019). Strategi Komunikasi Guru Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Terhadap Kelas IX Fullday Di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(2) 2019: 77-89,

Nurmiah, N., Kusmanto, H., & Lubis, Y. (2019). Analisis Kinerja Pemerintah Kelurahan dalam Program Pemberdayaan Kebersihan Kelurahan. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 1(2), 176-183.

Pandiangan, A. Kadir, A. & Lubis, Y.A. (2019). Peran Satuan Polisi Pamong Praja dalam

Menertibkan Bangunan Liar Di Kecamatan bagan Sinembah Kabupaten Rogan Hilir Provinsi Riau.

Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(1) 2019: 66-72,

Panjaitan, E. Dewi, R. & Angelia, N. (2019). Peranan Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi kepada Masyarakat. PERSPEKTIF, 8 (1): 32-38.

Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Grasindo

Peraturan Daerah Nomor 11 tahun 1979. Peraturan Daerah Nomor 10 tahun 2009.

Prasetio, E., Isnaini, I., & Adam, A. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Perizinan melalui Online Single Submission pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Binjai. PERSPEKTIF, 10(2), 710-727. doi:https://doi.org/10.31289/perspektif.v10i2.5176

Publik Volume 1 Nomor 1. Program studi Ilmu Administrasi Negara. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Rachmawati, D.P. Ritonga, S. & Batubara, B.M. (2020). Peranan Dinas Sosial Dalam

Menangani Masalah Kekerasan Sosial Terhadap Anak di Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Ilmu

Pemerintahan, Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1) 2020: 38-45,

Roberto, S.A.. Kadir, A. & Angelia, N. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat Dalam

Pelayanan Kepala Desa Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Ilmu Pemerintahan,

Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(1) 2019: 32-38,

Santifa, M., Warjio, W., Harahap, D., & Isnaini, I. (2019). Evaluasi Program Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bank Sampah Mawar Sejadi di Kelurahan Sijambi Kecamatan Datuk Bandar Kota Tanjung Balai. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 1(1), 89-98

Saputro, Hendriawan Eko. 2011. Kualitas Pelayanan PDAM Tirta makmur Sukoharjo. Fakultas Ilmu Sosial dan

Sebelas Maret Surakarta. https://digilib.uns.ac.id (diunduh tanggal 02 Oktober pukul 09:00 wib).

Silalahi. A.F.L, Syafruddin, R. & Beby, M.B. (2019). Kualitas Pelayanan Publik dalam Pemberian Izin Mendirikan Bangunan di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu. PERSPEKTIF, 8 (1): 8-14

Sinuhaji, V.V. Siregar, N.S.S. & Jamil, B. (2019). Aktivitas Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Karo Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi Deskriptif Kualitatif Wisata Bukit Gundaling Berastagi), Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(2) 2019: 101-114,

Sirait, N., Warjio, W., Harahap, D., & Kadir, A. (2019). Analisis Kinerja Aparatur Sipil Negara dalam hal Disiplin Kerja di Kantor Kecamatan Tanjungbalai Utara Kota Tanjungbalai. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 1(2), 165-175

SKRIPSI dan JURNAL

Soekanto, Soerjono. 1997. Mahasiswa dalam Pembangunan. Lampung: Unila.

Strategi PDAM dalam Meningkatkan Kualitas Air bersih untuk Menunjang Pembangunan di Kota Wisata Batu

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Bandung: PT Alfabeta

Sukidin, Basrowi, basrowi Suranto. 2012.

Sukri, M. Sinaga, R.S. & Hasibuan, M.A. (2020). Strategi Partai Gerindra dalam

Memenangkan Dahlan Hasan dan Muhammad Ja’far Sukhairi Nasution Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1) 2020: 53-59,

Sumantri, Bambang dan Hermawan Parwiyato. 2017. Kualitas Pelayanan PDAM kabupaten Sragen. Jurnal Wacana

Syari, N., Warjio, W., & Kadir, A. (2019). Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 1(2), 156-164

Tanjung, M., Kusmanto, H., Warjio, W., & kadir, A. (2019). Evaluasi Kinerja Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Aceh Timur Tahun 2017. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 1(1), 82-88.

Titisari, Purnamie. 2014. Peranan Organizational Citizenship Behaviour (OCB) dalam Meningkatkan Kinerja

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Turnip, H. Hendra, Y. & Matondang, A. (2020). Persepsi Masyarakat Tentang Kinerja

Kantor Search and Rescue Medan dalam Pencarian Orang Hilang di Gunung Sibayak. Jurnal Ilmu

Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1) 2020: 7-11,

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 1962.

Undang-undang Republik Indonesia pasal 33 Ayat 1.

University Press

wib).

Wiryadi, R., Sihombing, M., & Isnaini, I. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan dalam Pencatatan AK 1 dalam Memberikan Kepuasan kepada Masyarakat pada Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Aceh Singkil. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(1), 48-58

Wiryadi, R., Sihombing, M., & Isnaini, I. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan dalam Pencatatan AK 1 dalam Memberikan Kepuasan kepada Masyarakat pada Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Aceh Singkil. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(1), 48-58

Yolanda, H. Hendra, Y. & Matondang, A. (2020). Strategi Downward Communication

Pimpinan Dalam Meningkatkan Efektivitas Kerja Karyawan Di PT. Pelabuhan Indonesia I. Jurnal Ilmu

Pemerintahan, Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1) 2020: 1-6,

Yulian, Zamit. 2004. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat

Zakwani, K., Kusmanto, H., & Kadir, A. (2019). Implementasi Program Percepatan Sertipikasi Barang Milik Negara Berupa Tanah (Studi Pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Sumatera Utara). Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 1(1), 75-81

Zulianda, W. Muda, I. & Jamil, B. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum untuk

Meningkatkan Kualitas Pendidikan di TK Dewantara Titi Kuning Kecamatan Medan Johor. Jurnal Ilmu

Pemerintahan, Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1) 2020: 60-67,




DOI: https://doi.org/10.31289/jiaap.v1i2.604

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pemerintahan (JIAPP)

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Universitas Medan Area
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License