Strategi Pelayanan dalam Rangka Meningkatkan Kunjungan Wisata ke Pantai Busung (Studi Kasus Pada Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Simeulue)

Anggi Funga Nauli, Indra Muda, Armansyah Matondang

Abstract


attraction is able to increase the community’s economy and create jobs. The Problem in this reseach is how to the service in order to increase the tourist visits of Busung Beach and the obstacles that influence it. Method used was descriptive with a qualitative approach, namely describing data from the field and then explaining it the words. The data collection technique is triangulation in three ways, namely observation, interviews, documentation. This study involvet 7 informant, namely 2 key informants, 2 main informants, 3 additional informants. There are four factors that become the basis for analyzing the Busung Beach tourism servicy strategy, namely strangth, weaknesses, opportunities and threats. From this analysis, there are obstacles that affect tourist visit, namely the lack of community participation, the number of other tours that are competitors, the lack of creativity from the community, the lack of connecktivity, the limited skilled workforce. Based on the results of the study, it can be concluded that the strategy carried out by Busung Beach tourism objecks is to involve the community to maintain the beauty of the beach so that it looks well- geoomed and does  not  affect the natural exoticism of  the beach, provide adequate supporting faciities (prayer rooms, toilets, tourist huts, beachside cafes, boats), showing the hospotality of thr coast guart to tourist visitors, providing a fairly large play area, easy accessability to the beach, which is guaranteed enough security to increase Busung Beach tourism visitors.

Keywords


Tourism visit, strategy service

Full Text:

PDF

References


Amelia, A., Sahabuddin, C., & Fitrah, N. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Wisata Desa Melalui Pemberdayaan Masyarakat Desa (Studi Kasus Wisata Bunga Anggrek Tondok Bakaru Kecamatan Mamasa Kabupaten Mamasa). Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 3(2), 125-134. doi:https://doi.org/10.31289/jipikom.v3i2.689

Arwanto, C., Nugraha, B., & Widiyarta, A. (2020). Strategi City Branding Kota Surabaya Sparkling Surabaya dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. PERSPEKTIF, 9(2), 322-328. doi:https://doi.org/10.31289/perspektif.v9i2.3646

Baiti, N., Hasibuan, E., & Suharyanto, A. (2020). Persepsi Pasien Tentang Komunikasi Interpersonal Front Desk dalam Pelayanan Pelanggan di Rumah Sakit Sumatera Eye Center Medan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(2), 86-94. doi:https://doi.org/10.31289/jipikom.v2i2.337

Berbasis Kearifan Lokal. PERSPEKTIF, 9(2), 418-427. doi:https://doi.org/10.31289/perspektif.v9i2.3884

Bungin, B. (2001). Metode Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer.

Dahlia, D., Harahap, D., & Lubis, Y. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Di Kantor Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(2), 107-115. doi:https://doi.org/10.31289/strukturasi.v2i2.51

Damanik, J. Dan Weber, Helmut F. (2006).

Emilia, Dinda. Nasution, H.M.H Thamrin. & Dewi, Rosmala. (2019). Pelaksanaan Prinsip

Pelayanan Publik Samsat Medan Selatan Dalam Meningkatkan Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor Roda Dua. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(1) 2019: 26-31

Fahrizal, M.Y, Hendra, Y. & Hidayat, T.W. (2020). Opini Publik Tentang Destinasi

Pariwisata Danau Toba Sebagai Global Geopark Kaldera UNESCO Melalui Website Kompas.Com. Jurnal

Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1) 2020: 19-24,

Harahap, A., Siregar, N., & Kadir, A. (2020). Persepsi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Koperasi Kota Medan. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(1), 79-88

Harianja, E., Harahap, R., & Lubis, Z. (2021). Budaya Batak Toba dalam Pelayanan Pariwisata Danau Toba di Parapat. PERSPEKTIF, 10(2), 301-312. doi:https://doi.org/10.31289/perspektif.v10i2.4306

Hidayat, R.P., Ritonga, S. & Suharyanto, A. (2020). Strategi Pemasaran Brothers Café dalam

Membangun Brand Image bagi Pengunjung di Kota Medan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi

Publik dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(1) 2020: 33-37,

Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara

Ismaulidina. Hasibuan, E.J, & Hidayat, T.W, (2020). Strategi Komunikasi Public Relation

Dalam Membangun Citra Dan Kepercayaan Calon Jemaah Haji dan Umroh. Jurnal Ilmu Pemerintahan,

Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1) 2020: 12-17,

Jakarta : Rajawali Pers.

Jonatan, S., Kadir, A., & Siregar, N. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Pemberian Santunan Bagi Korban Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Raya Pada Kantor PT. Jasa Raharja (Persero) Gunungsitoli. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(1), 1-13

Khainuddin, K., Kusmanto, H., & Isnaini, I. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Rawat Inap Pada Badan Layanan Umum Rumah Sakit Umum Daerah Kota Subulussalam. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 1(1), 22-31

Lindiawati, I., Harahap, H., & Mardiana, S. (2021). Analisa Strategi E-Marketing Dinas Koperasi Ukm Kota Medan Terhadap Ukm Binaan Di Tengah Pandemi Covid-19 Tahun 2020. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 3(1), 14-29. doi:https://doi.org/10.31289/strukturasi.v3i1.521

Manik, A., Kusmanto, H., & Lubis, M. (2019). Analisis Reliabilitas dan Responsivitas dalam Pelayanan Penanggulangan Bencana Alam Kebakaran pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah di Kabupaten Aceh Singkil. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 1(1), 65-74

Melni, A., Hasibuan, E.Y. & Suharyanto, A. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran @Lapo

Mandailing Coffee Pada Media Sosial Instagram di Kecamatan Panyabungan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(1) 2019: 12-17

Moenir, H (2010). Manajemen Pelayanan Umum di

Mulia, B., Ritonga, S., & Nasution, I. (2021). Dampak Pemekaran Nagari Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Kepada Masyarakat. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 3(1), 12-18. doi:https://doi.org/10.31289/jipikom.v3i1.509

Nurdiansyah, R. Hasibuan, E.J. & Novri. (2019). Strategi Komunikasi Guru Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Terhadap Kelas IX Fullday Di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(2) 2019: 77-89,

Pariwisata. Yogyakarta : ANDI Udaya, J. dkk.(2013). Manajemen

Pasaribu, H., Nasution, I., & Matondang, A. (2021). Analisis Pelayanan Pasien Rawat Jalan Pada Program Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan Pada Rumah Sakit Umum Haji Medan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 3(2), 168-178. doi:https://doi.org/10.31289/jipikom.v3i2.714

Perencanaan Ekowisata. Yogyakarta : Andi

Roberto, S.A.. Kadir, A. & Angelia, N. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat Dalam

Pelayanan Kepala Desa Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan. Jurnal Ilmu Pemerintahan,

Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(1) 2019: 32-38,

Sari, E., & Farid, M. (2021). Strategi Komunikasi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul dalam Sosialisasi Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Saat Pandemi Covid-19 Tahun 2020. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 3(2), 92-108. doi:https://doi.org/10.31289/jipikom.v3i2.611

Sari, P.A. Kadir, A. & Batubara, B.M. (2019). Peranan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Utara Dalam Pengawasan Pelayanan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Medan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(1) 2019: 1-11

Setiono, S., Afrizal, T., Supriyono, E., Wendra, R., & Nurfitriani, A. (2021). Implementasi Pengelolaan Pariwisata Berkelanjutan Di Kota Semarang. PERSPEKTIF, 10(1), 26-35. doi:https://doi.org/10.31289/perspektif.v10i1.3943

Simamora, R.K., dan Rudi S.S., (2016). Peran Pemerintah Daerah dalam Pengembangan Pariwisata Alam dan Budaya di Kabupaten Tapanuli Utara, JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA (Journal of Governance and Political UMA), 4 (1): 79-96.

Sinuhaji, V.V. Siregar, N.S.S. & Jamil, B. (2019). Aktivitas Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan

Kabupaten Karo Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi Deskriptif Kualitatif Wisata Bukit Gundaling Berastagi),

Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(2) 2019: 101-114,

Siregar, R., Hendra, Y., & Novri, N. (2020). STRATEGI MANAJEMEN PENYIARAN PROGRAM KARAOKE DANGDUT ( KAKDUT ) PADA RADIO SUARA MEDAN. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(2), 110-114. doi:https://doi.org/10.31289/jipikom.v2i2.343

Sitompul, D., Hasibuan, E., & Barus, R. (2021). Efektifitas Komunikasi Interpersonal Sales Staff Dalam Menerapkan Standar Pelayanan Sukses. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 3(1), 27-36. doi:https://doi.org/10.31289/jipikom.v3i1.508

Sitorus, H., Warjio, W., & Isnaini, I. (2020). Evaluasi Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu pada dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan di Kabupaten Dairi. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(1), 98-106

Situngkir, B., Lubis, Z., & Kadir, A. (2020). Peluang Pelaksanaan Manajemen Kolaboratif dalam Pengembangan Kawasan Situs Kota Cina sebagai Potensi Pariwisata di Kota Medan. PERSPEKTIF, 9(2), 149-167. doi:https://doi.org/10.31289/perspektif.v9i2.3295

Sugiyanto. Yunanto, M.K. & Yulianto, D. (2019). Inovasi Pengembangan Wisata Kampung Nelayan di Kecamatan Ende Selatan, Kabupaten Ende. PERSPEKTIF, 9 (1): 27-37.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukri, M. Sinaga, R.S. & Hasibuan, M.A. (2020). Strategi Partai Gerindra dalam

Memenangkan Dahlan Hasan dan Muhammad Ja’far Sukhairi Nasution Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1) 2020: 53-59,

Sukrianto, A., & Saharuddin, E. (2021). Strategi Pemerintah dalam Penerapan Disiplin Kerja Aparatur Sipil Negara di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 3(2), 135-142. doi:https://doi.org/10.31289/jipikom.v3i2.605

Suwantoro, Gamal. (2004). Dasar Dasar

Wazan, S., Astuti, R., Kismartini, K., & Afrizal, T. (2020). Pengelolaan Kawasan Wisata Suku Anak Dalam

Wijaya, R., Kristianto, B., Marta, R., & Wahyudi, S. (2021). Konstruksi Citra Destinasi Wisata Gedung Juang45 Bekasi Dalam Berita Media Daring Tribunnews. PERSPEKTIF, 10(2), 599-608. doi:https://doi.org/10.31289/perspektif.v10i2.4863

Wiryadi, R., Sihombing, M., & Isnaini, I. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan dalam Pencatatan AK 1 dalam Memberikan Kepuasan kepada Masyarakat pada Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Aceh Singkil. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 2(1), 48-58

Yolanda, H. Hendra, Y. & Matondang, A. (2020). Strategi Downward Communication

Pimpinan Dalam Meningkatkan Efektivitas Kerja Karyawan Di PT. Pelabuhan Indonesia I. Jurnal Ilmu

Pemerintahan, Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 2(1) 2020: 1-6,




DOI: https://doi.org/10.31289/jiaap.v1i2.1426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pemerintahan (JIAPP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Universitas Medan Area
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License