Pengaruh E-Service Quality dan Nilai Pelanggan Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus Usaha Dagang MP. Rambe)
Abstract
The purpose of this research is to find out and analyze whether e-service quality and customer value influence business success in MP trading businesses. Rambe in Pinangsori. This research uses associative research, where associative research takes the form of a quantitative approach which is seen from the type of data which is measured using a Likert scale. The population in this study was 100 customers. The sample in this study used saturated purposive sampling. Data processing uses SPSS 26, by testing the partial linear regression analysis hypothesis (t test) it can be seen that the calculated t for the e-service quality variable is 2.687 > t table 1.984. Meanwhile, the customer value variable is 3.727 > t table 1.984 and the significance level is smaller than 0.5. This shows that HO is rejected and H1 is accepted. And the coefficient of determination results show an Adjusted R Square value of 0.374 or 37.4%. Based on these overall values, e-service quality and customer value have a positive and significant effect on business success.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, N. (2021). Meningkatkan Kinerja Manajemen Sumber Daya Manusia: Konsep & Studi Kasus.
Aisyah, N. (2019). Menggali Potensi Diri. Repository Medan Area University, 1–95. http://repository.uma.ac.id/handle/123456789/12598
Ashoer, M. (2019). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Pada Pelanggan Situs Toko Online Brodo. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 15(3), 238–251. https://doi.org/10.26487/jbmi.v15i3.4543
Arliani, L., Indrayani, L., & Tripalupi, L. E. (2019). Pengaruh Perilaku Pelaku Usaha dan Modal Usaha Terhadap Keberhasilan UMKM di Desa Tukad Sumaga Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(2), 427–436. https://doi.org/10.23887/JJPE.V11I2.21520
Arifah, N. (2020). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Konsume dan Repurchase Intention Pada Toko Akuniwashop Klaten Di Marketplace Shopee. File:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_RE MAJA_PRINT.Docx, 21(1), 1–9.
Almaidah, S., Endarwati, T., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Bhakti, A. (2019). Analisis Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal, Motivasi, Pengalaman, dan Kemampuan Usaha Terhadap Keberhasilan Usaha Pada UKM Penghasil Mete di Kabupaten Wonogirik. Edusaintek, 3(0). https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/edusaintek/article/view/224
Budiarti, S. A. (2017). Bab II Kajian Pustaka , Kerangka Pemikiran Dan Hipotesis. i, 16–45.
Dinda Lestari (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menggunakan Aplikasi Lazada Pada Masyarakat kota Medan. (n.d.) https://123dok.com/id/docs/pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap keputusan-mengunakan-aplikasi-masyarakat.9101963
Ghozali, I. (n.d.) (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Retrieved June 23, 2023, from https://openlibrary.org/books/OL38628194M/Aplikasi_Analisis_Multivariate_Dengan_Program_IBM_SPSS_25_(9th_ed)
Iffan, M. (2022). The Influence Of Entepreneurship Orientation and Product Diversification On Business Success. 3(2), 46–55.
Lolang, En. (2014). ) yaitu hipotesis yang akan diuji. Biasanya, hipotesis ini merupakan pernyataan yang menunjukkan bahwa suatu parameter populasi memiliki nilai tertentu. Jurnal Kip, 3(3), 685–696.
Lokasi Usaha (Pengertian, Tujuan, Jenis, Aspek dan Faktor Pemilihan). (2020). Muchlisin Riadi. https://www.kajianpustaka.com/2020/12/lokasi-usaha.html?m=1
Mokoagouw, A., Massie, J., & Wenas, R. (2018). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Pelayanan Terhadap. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 6(2), 241–258. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jrbm/article/view/20142
Nanda. (2021). Kualitas Pelayanan Adalah: Tujuan, Fungsi dan Cara Mengukur. (n.d.).
Rika, F., Bramana, S. M., & Evan, D. (2021). Pengaruh Jiwa Kewirausahaan Dan Kreativitas Terhadap Keberhasilan Usaha Percetakan Di Kabupaten Ogan. Kolegial, 9(2), 140–151. http://journals.stiedwisakti.ac.id/ojs/index.php/kolegial/article/view/172
Sarifuddin. T, Cahyaning Raheni, Setiawan Mandala Putra, & Ni Nyoman Lilik. (2022). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Makeup. Jurnal Sinar Manajemen, 9(2), 272–277. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i2.2614
Sena Wahyu Purwanza. (2022). Konsep Dasar Metode Riset Kuantitatif. In Arif Munandar (Ed.), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi. PT. Media Sains Indonesia.
Sifa, N. N. (2017). Pengaruh Budaya Organisasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat. Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pasundan, 53(9), 1689–1699.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Sampling Jenuh: Pengertian – Ciri dan Contoh Penelitian yang Menggunakannya.
Suryana. (n.d.) (2013). Ekonomi kreatif, ekonomi baru by Suryana | Open Library. Retrieved June 23, 2023, from https://openlibrary.org/books/OL30665810M/Ekonomi_kreatif_ekonomi_baru
Susanto, H., & Suhariadi. (2022). Pengaruh Kreativitas dan Inovasi Terhadap Keberhasilan Usaha Percetaka di Sampit. Profit : Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(1), 46–56. https://jurnal.stie-sampit.ac.id/index.php/Ojs/article/view/87
DOI: https://doi.org/10.31289/jimbi.v4i2.2649
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBI)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License