Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Menggunakan Paylater Pada Mahasiswa Di Kota Makassar

Muhammad Baithal Muqaddis Zigari, Anhar Januar Malik, Viviet Marjiana Fadla, Helana Sulaikah, Wanda Awaliah Safitri

Abstract


This study aims to determine the factors that influence purchasing decisions through the use of the paylater feature. This study uses the Unified Theory of Acceptance and Use Technology (UTAUT) with a quantitative approach. The sampling technique used is purposive sampling. The research data was obtained by distributing questionnaires to students who were studying in Makassar City. The total number of respondents in this study was 46 people. Data analysis techniques used by researchers, namely testing the measurement model and testing the structural model. The results of testing the research data found that performance expectations, effort expectations, and price values do not have a significant influence on purchasing decisions using the paylater feature. The variables of social influence, supporting facilities, hedonic motivation, and habits have a significant effect on purchasing decisions using the paylater feature.

Keywords


UTAUT; purchasing decision; paylater.

Full Text:

PDF

References


Aisah, Siti Umi Nur. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Secara Onlinedi Shopee Dalam Perspektif Ekonomi Islam”, Skripsi, (2020): 15-36, http://repository.radenintan.ac.id/13312/1/BAB%201%2C2%20DAPUS.pdf

Deni Herdianto, Anita Wijayanti, Endang Masitoh. “Pengaruh Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Usaha, Faktor Sosial Dan Kompleksitas Tugas Terhadap Penggunaan Sia”, Jurnal 2-3 https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/10416/6.%20DENI%20HERDIANTO%2C%20DKK.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Elpa, Julita. (2022). “Pengaruh Penggunaan Shopee Paylater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Muslim (Studi Pada Mahasiswa Febu UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu). Skripsi. Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Indonesia. http://repository.iainbengkulu.ac.id/10382/1/SKRIPSI%20ELPA%20JULITA%20%281%29.pdf

Eviana, Vivi dan Saputra, Agung Joni. “Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Penggunaan Sistem Pembayaran Pay Later”, Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 1 (2022): 1-4, https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3242

Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). An Introduction to Structural Equation Modeling BT - Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R: A Workbook (J. F. Hair Jr., G. T. M. Hult, C. M. Ringle, M. Sarstedt, N. P. Danks, & S. Ray (eds.); pp. 1–29). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-80519-7_1

Hidayat, Anwar. “Tutorial Partial Least Square dalam PLS SEM”. https://www.statistikian.com/2021/04/tutorial-partial-least-square-dalam-pls-sem.html (diakses 15 Februari 2023)

Linuwih, Hananda. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Paylater”, Skripsi, (Maret, 2022): 61-71, https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/38395/17312092.pdf?sequence=1

Naufal Alman Shafly Penerapan Model Utaut2 Untuk Menjelaskan Behavioral Intention Dan Use Behavior Penggunaan Mobile Banking Di Kota Malang, Jurnal 5-8 https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/download/6535/5706

Nurfitriyani, Siti Julianingsih. “Mengenal UTAUT2 sebagai Salah Satu Technology Acceptance”. https://sis.binus.ac.id/2020/07/20/mengenal-utaut2-sebagai-salah-satu-technology-acceptance/ (diakses 14 Februari 2023)

Putri, Nada Salsabila. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Terus Menggunakan Fitur Pay Later Pada Aplikasi Shopee (Shopee Pay Later)”, Skripsi, (Agustus, 2022): 71-74, https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/41078/18312023.pdf?sequence=1

Putri, V. S., & Mahadian, A. B. (2021). Pengaruh Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Usaha, Pengaruh Sosial, Dan Kondisi Pendukung Terhadap Minat Pemanfaatan Aplikasi E-clinic Di Kota Bandung. eProceedings of Management, 8(3).

Qurtubi, Jamal (2018) Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pelanggan Dalam Mengkonsumsi Formula 1 Nutrional Shake Mix Herbalife (studi Kasus Di Rumah Nutrisi Club Kece Badai Pekanbaru). Other thesis, Universitas Islam Riau.

Syarif, R., & Malik, A. J. (2022). PENGARUH KOMUNIKASI SEJAWAT, RELASI DAN SIKAP TERHADAP MEREK, DAN PERILAKU PENGGUNAAN INSTAGRAM TERHADAP ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH DI INSTAGRAM. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 7(1).

Syarif, Rahmat dan Paramita, Andi Jamiati. (2022) “Intensi Pembelian Hijau (Green Purchasing): Kerangka Teori Sosialisasi Konsumen Dan Peran Moderasi Kebutuhan Akan Keunikan Konsume”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen 7, no. 4 (November, 2022): 8-13, https://jim.usk.ac.id/EKM/article/view/22739

Toto Pribadi Sampurno & Winarso Pengaruh Motivasi Hedonis, Browsing dan Gaya Belanja Terhadap Pembelian Impulsif Pada Toko Online Shop (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) Jurnal 4-9, https://journal.umy.ac.id/index.php/mb/article/download/3594/3032

Wawan Dwi Sambodo Pengaruh Ekspektasi, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Padang Di Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo Skripsi (Februari 202): 8-15, http://eprints.umpo.ac.id/8490/1/1.%20Depan.pdf




DOI: https://doi.org/10.31289/jimbi.v4i2.1727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBI)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen
Universitas Medan Area
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License