Pemasaran di Era Digital: Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Pesenjama Coffee Medan

Agung Maulana, Adelina Lubis, Ihsan Effendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah social media marketing dan word of mouth mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yakni 300 pelanggan Pesenjama Coffe. Penelitian ini menggunakan sebanyak 75 responden, dengan menggunakan rumus slovin sebagai teknik pengambilan sampelnya. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji F, uji t dan koefisien determinasi (   ) dengan   ,menggunakan software SPSS (Statistic Product and Service Solution). Data penelitian bersumber dari data primer dan diambil dengan cara menyebar kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara variabel independen yaitu social media marketing dan word of mouth terhadap variabel dependen keputusan pembelian. Variabel social media marketing diperoleh thitung (3,926) > ttabel (1,669) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan untuk variabel word of mouth diperoleh thitung (13,316) > ttabel (1,669) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan social media marketing dan word of mouth berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian Pesenjama Coffe. Dan uji F diperoleh dengan nilai fhitung > ftabel (3,852 > 3,12) dengan probabilitas signifikan jauh lebih kecil dari 0,05 maka Ho di tolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel social media marketing (X1) dan word of mouth (X2) secara simultan berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian (Y).


Keywords


social media marketing, word of mouth, dan keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Adi, N. R. M., Ramadhan, M. R. I., Aristawati, T., & Pratama, S. A. (2022). Pengaruh Word of Mouth dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Makanan di ShopeeFood. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 7(2), 420. https://doi.org/10.28926/briliant.v7i2.1001

Adiningtias, I., & Fadili, D. A. (2022). Jurnal Humaniora Pengaruh Store Atmosphere dan Word Of Mouth terhadap. 6(1), 27–35.

Carolus Borromeus Mulyatno. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling سن ن م ا ل م ي ع ل م ٥

–1358. 4, Konseling, Dan Pendidikan Jurnal .ل ۡ ِ ل ق ل ٱ ِ ب م ل ع ي ِ ل ٱ ِ ٱ م ل ع ٤ م

Dahmiri. (2020). Pengaruh Sosial Media Marketing dan Brand Equity terhadap Minat Beli.

Kinerja, 17(2), 194–201.

Gabriella, T. P., Ellitan, L., & Kristanti, M. M. (2022). Pengaruh Social Media Marketing, Dan E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Awareness Sebagai Mediasi Pada Kedai Kopi Janji Jiwa Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen : JUMMA, 11(1), 1–10. https://doi.org/10.33508/jumma.v11i1.3946

Jasmalinda. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Yahama Di Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 5.

Kambali, I., & Masitoh, S. (2021). Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Keputusan

Pembelian Jasa Pengiriman Barang di Kantor Pos Pati 59100. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 11(1), 10–10.

Pradana, M., & Reventiary, A. (2016). sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Jurnal Manajemen, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.26460/jm.v6i1.196

Pranandha, K. E. S., & Kusumadewi, N. M. W. (2022). Peran Word of Mouth Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(3), 443.

https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i03.p02

Putra, R. A. B., Wijayanto, H., & Sumarsono, H. (2022). Pengaruh Word of Mouth (WOM), Pelayanan dan Kepercaaan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen UD. Sri Mulyo Agung). ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 6(1), 115–127. https://doi.org/10.24269/iso.v6i1.1135

Rinda Rahmawati, A. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen J.Co Donuts and Coffee Kota Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 9(1), 17.

https://doi.org/10.54144/jadbis.v9i1.4686

Santina, R. O., Hayati, F., & Oktariana, R. (2021). Analisis Peran Orangtua Dalam Mengatasi Perilaku Sibling Rivalry Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa …, 2(1), 1–13. file:///Users/ajc/Downloads/319-File Utama Naskah-423-1-10-20210810.pdf

Sholihin, M. R., Arianto, W., & Khasanah, D. F. (2018). Keunggulan Sosial Media Dalam Perkembangan Ekonomi Kreatif Era Digital Di Indonesia. Prosiding 4th Seminar Nasional Dan Call for Papers Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember, 149–160.

Syahrum, & Salim. (2017). Social Media Marketing dalam Mewujudkan E-Marketing.

Journal Marketing, 8(4), 71–72.

Tong, T. K. P. B., & Subagio, H. (2020). Analisa Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Repurchase Intention Melalui Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi Pada Instagram Adidas Indonesia Di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 10.

Wibasuri, A., Tamara, T., & (2020). Measurement Social Media Marketing dan Sertifikasi

Halal Terhadap Minat Beli Produk Makanan Pada Aplikasi Belanja Online Shopee. Prosiding Seminar …, 68–78. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/2564




DOI: https://doi.org/10.31289/jbi.v2i2.2935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmiah Akuntansi Keuangan dan Bisnis (JIKABI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.